modding SE

Modding File System SE
CB

Tahukah kalian,Bahwa Hp Sony Ericsson bisa di oprek dan dimodifikasi semau kita.Sebenarnya Hp Se Udah cukup bagus menurut gw.Tp ga da salahnya di oprek dan semuanya dibuat semaksimal mungkin.Misal,hp k550 bisa dibuat jadi w610(k550 dengan fitur walkman player 2.0 dan megabass),sound driver diganti pake punya w880(yg bass nya paling mantab),dll dsb.
Tapi,tutorial kali ini hanya membahas tentang modding hp Sony Ericsson Seri A200 saja.A200 adalah seri terbaru Hp SE,dg ciri2 adanya menu MEDIA,ada tombol khusus untuk membuat dan mengakiri panggilan(tbl merah dan hijau),dan player musiknya udah ada megabass(termasuk seri K,W,C,G, dll).Sedangkan bagian yg akan kita modif adalah

1.acoustic driver (file yg mengendalikan semua output suara hp SE,termasuk loudspeaker,headset,dan earpeace)

2.camera driver (bagian yg mengatur semua seting kamera,termasuk framerate dalam pengambilan video,iso,dll dsb)

3.flash theme (tema dg tampilan atraktif dg format flash, dg menu yg dpt bergerak2.)

Sedangkan aplikasi yg dibutuhkan adalah sbg berikut

1.gorgon gate usb flash driver

2.a2uploader v3

3.kumpulan flash theme,akustik driver dan camdriver.

4.kabel data bawaan hp

4.uang secukupnya buat biaya warnet,bg yg ga punya PC *JOKINGLY*.

Untuk A2uploader, ga bisa gw upload disini karena ukurannya yg terlalu besar. Sedangkan usb flash driver, dan file lainnya bisa dicari lewat google ato yg lebih mudah http://www.se-lifestyle.com(harus register terlebih dahulu). Langkah2nya adalah sbg berikut;

Pertama2 instal usb flash driver tsb, lalu A2uploader. stlah itu matikan hp, copot batery, lalu pasang lagi.

Buka aplikasi a2uploader, klik pada tulisan FILE SYSTEM TOOL.

pasang kabel data ke hp sambil menahan tombol C. tunggu sampe hp terdeteksi.

kalo sudah,akan muncul direktori FS,antara lain;TPA,IFS,USB dll.lalu masukkan file camdriver,acoustic driver dll tsb ke a2 uploader dg cara drag&drop.letak masing2 file tsb adalah sbg berikut

1.Untuk FLASH THEME,masukkan file ".swf" ke direktori-tpa/preset/system/desktop/flash (taruh dalam folder "flash" ini) dg cara drag & drop. Untuk file ".thm"nya, masukkan ke direktori-usb/theme (taruh dlm folder theme ini)

2.Untuk camdriver, masukkan file "camdriver0.dat" ke direktori ifs/setting/camdriver (masukkan dalam folder ini).

3.Untuk akustik driver,masukkan file berekstensi ".wbxml" ke direktori ifs/setting/acoustic (taruh di dlm folder ini). Untuk file akustik ini, sebaiknya hanya 3 file yg dipilih, yaitu "PHF_PLAY.wbxml, PHF_OUT.wbxml, dan phf_play.wbxml".

Sebenarnya, file akustik ini ada 3 macam. yg pertama, file berekstensi ".apf" untuk sony ericsson model lama (misal W200,K700,k310,W800,K750 dll), file akustik berektensi ".zapf" untuk SE seri A100 (misal K550,W610,W880,S500,K810 dll), dan file berektensi ".wbxml" untuk seri terbaru, A200 (misal K850,W595,W910,W995,T750,C905 dll). jadi asal seri dan ekstensinya sama, file akustik tsb bisa di gunakan,pilih aja yg terbaik. misalnya untuk hp yg seri A100, bisa menggunakan akustik dari w880, karena suara bass nya paling mantab untuk seri a100.

Sedangkan untuk camdriver, kita tidak boleh sembarangan dalam pemasangannya, karena harus sesuai dg hp yg kita gunakan.

Dan bukan cuma itu saja yg bisa di modifikasi untuk hp SE ini. tp ini buat yg sudah agak master aja (kayak gw B-)B-) hikzz...). karena salah sedikit saja bisa berantakan, bahkan hp mati total. Misalnya

CROSSFLASH; yaitu, flashing suatu type hp dg firmware yg berbeda dari type hp tsb. misal, hp seri K diflash file dari seri W. neh daftar hp SE yg bisa di crossflash ==K550 ke W610, K310 ke W200, K750 ke W810, S500 ke W580, K800 ke K810==dan berlaku sebaliknya.
untuk type lainnya, jangan coba2 untuk melakukan crossflash. crosflash tsb dimungkinkan karena 2 hp tsb mempunyai hardware yg sama. tapi, cuma beda casing, seri dan software.

PATCHING; Yaitu Menempelkan patch ke dalam file utama firmware hp tsb yg sudah dimodifikasi. Fungsinya antara lain
Untuk mengganti ikon2 menu di hp (misal,ikon baterai, ikon sinyal, serta ikon file dan folder dalam file manager, dll dsb), Membuat radio bisa nyala tanpa headset, Memperpanjang nada sms, Menambah aplikasi baru, yaitu bisa mengeksekusi file berektensi elf, serta Menambahkan mega bass pada media player Semua seri K type lama, misal K810,K750,K550 dsb.

XML MENU; yaitu,sebuah file bernama MENU.ML,yg terletak di direktori TPA/PRESET/SYSTEM/MENU (disinilah file "MENU.ML" tersimpan). file tsb adalah xml yg mengatur susunan menu utama dan submenu dalam hp SE. jadi kalo kamu mahir dalam mengedit file XML, kamu bisa mengatur susunan menu sesukamu. misalnya,menu playnow bisa di ganti dg operamini dsb. tp hati2 dlm mengeditnya. salah dikit menu tsb akan hilang dan tidak berfungsi.

Udah ah,segini aza ea.. Kalo gw bahas semua, mpe keypad gw hancur jg ga bakalan rampung kayaknya :-D:-D. coz ngetiknya cuman dari hp.untuk yg lainnya bisa di tanyakan ma mbah google...hehehe
semua tutorial di atas gw tulis berdasarkan pengalaman gw sendiri. dari punya gw yg dulu, k550

SEMOGA BERMANFAAT
burock. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers